daun

Jumat, 11 Oktober 2013

Ciri-ciri ,unsur dan Teori organisasi(softskill 2)

Teori Organisasi Umum 1
CIRI – CIRI ORGANISASI
Adapun ciri – ciri dari organisasi adalah
-Adanya komponen (atasan dan bawahan)
-Adanya kerja sama (cooperativ yang berstuktur dari sekelompok orang)
-Adanya tujuan
-Adanya sasaran
-Adanya keteikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
-Adanya pendeklasian wewenang dan koordinasi tugas -tugas
Ada juga yang menyatakan bahwa organisasi sosial, memiliki beberapa ciri lain yang behubungan dengan keberadaan organisasi itu. Diantaranya ádalah:
1.     Rumusan batas-batas operasionalnya(organisasi) jelas. Seperti yang telah dibicarakan diatas, organisasi akan mengutamakan pencapaian tujuan-tujuan berdasarkan keputusan yang telah disepakati bersama. Dalam hal ini, kegiatan operasional sebuah organisasi dibatasi oleh ketetapan yang mengikat berdasarkan kepentingan bersama, sekaligus memenuhi aspirasi anggotanya.
2.     Memiliki identitas yang jelas. Organisasi akan cepat diakui oleh masyarakat sekelilingnya apabila memiliki identitas yang jelas. Identitas berkaitan dengan informasi mengenai organisasi, tujuan pembentukan organisasi, maupun tempat organisasi itu berdiri, dan lain sebagainya.
3.     Keanggotaan formal, status dan peran. Pada setiap anggotanya memiliki peran serta tugas masing masing sesuai dengan batasan yang telah disepakati bersama.
Jadi, dari beberapa ciri organisasi yang telah dikemukakan kita akan mudah membedakan yang mana dapat dikatakan organisasi dan yang mana tidak dapat dikatakan sebagai sebuah organisasi.

Unsur – unsur Organisasi:
Organisasi juga mempunyai unsur – unsur tertentu, diantaranya:
·         Sebagai wadah atau tempat untuk bekerja sama
Organisasi adalah merupakan suatu wadah atau tempat dimana orang – orang dapat bersama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan tanpa adanya organisasi menjadi saat bagiorang –orang untuk melaksakan suatu kerja sama,sebab setiap orang tidak mengetahui bagaimana cara berkerja sama tersebut akan dilaksanakan.
·         Proses kerja sama sedikitnya antar dua orang
Suatu organisasi ,selain merupakan tempat kerja sama juga merupakan proses kerja sama sedikitnya antar dua orang.Dalam praktek,jika kerja sama tersebut dilakukan dengan banyak orang,maka organisasi itu disusun harus lebih sempurna dengan kata lain proses kerja sama dilakukan dalam suatu organisasi,mempunyai kemungkinan untuk dilaksanakan dengan lebih baik hal ini berarti tanpa suatu organisasi maka proses sama itu hanya bersifat sementara ,dimana hubungan antara kerja sama antara pihak – pihak bersangkutan kurang dapat diautr dengan sebaik-baiknya.
·         Jelas tugas kedudukan masing – masing
Dengan adanya organisasi maka tugas dan kedudukan masing – masing orang atau pihak hubungan satu dengan yang lain akan dapat lebih jelas,dengan demikian kesimpulan dobel pekerjaan dan sebagainya akan dapat dihindari.
·         Ada tujuan tertentu
Betapa pentingnya kemampuan mengorganisasi bagi seorang manajer.Suatu perencanaan yang kurang baik tetapi organisasinya baik akan cenderung lebih baik hasilnya daribpada perncanaan yang baik tetapi oranisasi tidak baik.

Teori Organisasi
Teori organisasi muncul pada abad 19 dilatarbelaki oleh revolusi Inggris dan lahirnya perusahaan raksasa di Amerika Serikat.Berikut ini akan dibahas mengenai teori organisasi klasik yang dipelopori oleh max weber ,teori neoklasik,dan teori organisasi modern.
Teori organisasi adalah studi tentang bagaimana organisasi menjalankan fungsinya dan bagaimana mereka mempengaruhi dan dipengaruhi oleh orang – orang yang bekerja di dalamnya ataupun masyarakat dilingkupi kerja mereka.
            Adanya banyak masalah yang dihadapi organisasi (kompleks) dan memerlukan pemecahan tersendiri sehingga muncul berbagai kajian untuk lebih memahami efektivitas organisai.
Evolusi Teori Organisasi Terdiri atas;
Teori klasik teori tipe organisasi(Birokrasi) oleh Max Weber (sosiolog jerman)Teori manajemen Ilniah oleh Fedrick Winslow Tylor(Amerika teori) administrative (prinsip-prinsip organisasi) oleh Henry Fayol(Prancis).
Teori Organisasi dan manajemen Neo klasik
Teori Modern
Teori organisasi dan manajemen Jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar