Layanan pada sistem
Telematika
A.
Layanan
apa saja yang diberikan pada system Telematika?
Layanan
Telematika merupakan layanan dial up ke internet maupun ke semua jenis jaringan
yang didasarkan pada system telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri
merupakan salah satu contoh telematika. Dari berbagai sumber yang saya baca
jenis-jenis layanan telematika itu dibagi menjadi:
1. Bidang
Layanan Informasi.
2. Bidang Layanan Keamanan.
3. Bidang
Layanan Context-Aware dan Event Base.
4. Bidang
Layanan Perbaikan Sumber.
1.Layanan
Telematika di Bidang Informasi
Penggunaan
telematika dan aliran informasi harus selalu ditujukan untuk meningkatkan
kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan kemiksinan dan kesenjangan,
serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, teknologi
telematika
juga harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta
meningkatkan keharmonisan di kalangan masyarakat. Wartel dan Warnet
memainkan peranan penting dalam masyarakat.
Contoh
:
- Informasi
cuaca
- Hiburan
dan m-commerce
- Informasi
layanan jalan raya
2.Layanan
Telematika di bidang Keamanan
Layanan
telematika yang kedua adalah layanan keamanan. Layanan ini menyediakan
fasilitas untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang
berjalan tidak seharusnya.
Contoh
:
- Panggilan
darurat (rumah sakit, kepolisian)
- GPS,
informasi keberadaan kendaraan
3.Layanan
Context Aware dan Event-Based
Dalam
ilmu komputer dinyatakan bahwa perangkat komputer memiliki kepekaan dan dapat
bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan-aturan
tertentu yang tersimpan di dalam perangkat.
Context awareness adalah kemampuan sebuah sistem untuk memahami si user, network, lingkungan, dan dengan demikian melakukan adaptasi yang dinamis sesuai kebutuhan.
Context awareness adalah kemampuan sebuah sistem untuk memahami si user, network, lingkungan, dan dengan demikian melakukan adaptasi yang dinamis sesuai kebutuhan.
Contoh
:
- Layanan
diagnosis kendaraan
4.Layanan
Perbaikan Sumber
Layanan
perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya
manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang
berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola,
pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha,
lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.
Contoh
:
- Layanan
Yellow pages (buku petunjuk)
B.
Kelebihan
layanan telematika:
Pada
layanan telematika dibidang informasi, masyarakat khususnya kalangan menengah
kebawah dapat merasakan pemerataan teknologi dan bagi pelajarnya dapat
memberikan wawasan yang lebih untuk menunjang studi mereka.
Pada
layanan telematika di bidang keamanan, masyarakat pada umumnya dapat merasa
lebih aman karena jika terjadi sesuatu yang diinginkan, mereka dapat langsung
menghubungi pihak berwajib dengan teknologi yang ada.
Pada
layanan context aware dan event-base, dengan ini pengguna dapat hak privasi
yang lebih tanpa harus melakukan banyak/otomatis sistem yang telah mengatur agar
pengguna tidak diganggu dalam waktu yang diinginkan pengguna.
Pada
layanan perbaikan sumber, tiap orang dapat bantuan lebih dalam yellow pages
untuk mencari alamat/nomor telepon suatu instansi.
C.
Kekurangan
layanan telematika:
Pada
layanan telematika bidang informasi, jika perhatian kepada mereka yang
kurangnya informasi dari kebebasan akses yang mereka lakukan, akan berdampak
buruk yang disebabkan pihak yang tidak bertanggung jawab.
Pada
layanan telematika dibidang keamanan, keamanan ini juga berdampak buruk jika
ada oknum/hacker yang berniat jahat untuk membobol suatu sistem keamanan.
Pada
layanan context aware dan event-base, pengguna tidak tahu/akan terlambat
mengetahui jika ada panggilan penting saat ia tidak ingin diganggu, seperti
tidak tahu kalau anaknya masuk rumah sakit ketika sedang rapat.
Pada
layanan perbaikan sumber, tidak mudah mencari/tidak cepat karena yellow pages
masih dalam bentuk buku. Jadi ketika ingin mencari informasi maka harus
mencarinya secara manual dengan membaca indeksnya.
Saran
:
Pada
dasar nya layanan telematika ini dapat membantu dan membuat masyarakat bisa
memperoleh informasi secara lebih luas, cepat dan akurat karena dengan terhubung
dengan internet, berarti secara tidak
langsung kita telah berhubungan dengan dunia.Namun meskipun layanan telematika
sudah bagus masih harus tetap dikembangkan sesuai kemajuan jaman.Dan juga masih banyak orang yang tidak bertanggung
jawab memanfaatkan kelemahan dari layanan telematika ini, meskipun banyak yang
menyalahgunakan setidaknya pemerintah sudah mempunyai cara bagaimana cara untuk
mencegah hal tersebut.
Referensi:
https://charlesadewa7.wordpress.com/2014/10/29/layanan-dalam-sistem-telematika/
https://nimademspb.wordpress.com/2014/11/05/tugas-pengantar-telematika/
https://nimademspb.wordpress.com/2014/11/05/tugas-pengantar-telematika/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar