daun

Selasa, 17 Maret 2015

contoh kasus deduktif

CONTOH BERFIKIR DEDUKTIF
PENDAHULUAN
Toko peralatan rumah tangga dan dapur di kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur, itu hanya berukuran sekitar 12 meter persegi. Ember dan kursi ditumpuk begitu saja sampai hampir menyentuh langit-langit. Di tembok seberang, disusun peralatan dapur, mulai kompor sampai penanak nasi. Tak berhenti pembeli datang dan mengambil barang-barang di sana.

              Saat salah satu pembeli menawar kursi plastik yang sebenarnya sudah cukup murah dibanding dengan di hipermarket, misalnya, penjual mengatakan harganya baru saja naik. “Soalnya dolar naik terus,” katanya. “Enggak tahu kenapa itu dolar naik terus.”

              Kita tidak tahu apakah kenaikan nilai dolar itu hanya sebagai senjata si pemilik toko untuk tawar-menawar atau memang karena bahan baku kursi plastik itu penuh dengan komponen beraroma dolar. Tapi nilai dolar memang terus melejit. Setelah sempat sedikit menguat pada periode Januari-Maret tahun lalu, nilai tukar dolar memang perlahan naik dan mencapai puncaknya pada dua pekan ini, yakni menembus angka Rp 13 ribu untuk setiap dolarnya.

              Pemerintah memandang faktor luar, yakni keputusan Amerika Serikat menaikkan suku bunga, sebagai penyebab ambruknya rupiah dan nyaris semua mata uang dunia. “Bukan hanya kita, semua mata uang juga, kecuali Swiss franc,” ujar Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil dalam majalah detik edisi 172.
ANALISIS
Pemerintah memandang faktor luar, yakni keputusan Amerika Serikat menaikkan suku bunga, sebagai penyebab ambruknya rupiah dan nyaris semua mata uang dunia.Sehingga semua sektoral berpengaruh atas naiknya dolar pada rupiah yang mencapai angka 13 ribur per dolarnya.semua kalangan masyarakat pun mengeluhkan kenaikan dolar yang sangat tinggi.
Dari kalanagan atas sampai kalangan bawah sangat khawatir akan naik nya lagi dolar akan rupiah yang akan melebihi angka 13 ribu per dolarnya.Bila nilai dolar terus naik,maka masyarakat bawah lah yang semakin tertekan.

KESIMPULAN
Semua para pedagang sudah mulai menaikan harga dagangannya dikarnakan dolar sudah menacapai angka 13 dolar.Moment ini di gunakan para pedagang untuk menaikan harga dagangannya untuk mengambil keuntungan yang lebih.



http://news.detik.com/read/2015/03/17/122129/2860935/159/rupiah-vs-pertumbuhan?nd771104159

Tidak ada komentar:

Posting Komentar