Komunikasi
Pengertian Komunikasi
Komunikasi berasal dari
bahasa Latin communication yang berarti ‘pemberitahuan’atau pertukaran
pikiran.Jadi komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi dari satu
pihak kepada pihak lain.Pada umumnya komunikasi dilakukan secara linsan atau
verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.Apabila tidak ada bahasa
verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya,komunikasi masih dapt dilakukan
dengan menggunakan gerak-gerik badan,menunjuk sikap tertentu,missal terenyum,menggelengkan
kepala,mengangkat bahu.Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal.
Adapun beberapa
pengertian komunikasi dari para pakar,yaitu:
Menurut Laswell
Komunikasi adalah
proses yang menggambarkan siapa mengatakan apa dengan apa dengan cara apa,kepada
siapamdengan efek apa.
Geraid R. Miller
Komunikasi terjadi saat
satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk
memengaruhi perilaku mereka.
Raymond Ross
Komunikasi adalah
proses menyotir,memilih dan pengiriman symbol-simbol sedemikian rupa agar
membantu pendengaran membangkitakan respon atau makna dari pimikiran yang
serupa dengan yang dimaksudkan oleh kominikator.
Jenis – jenis Komunikasi
Komunikasi mempunyai
aneka macam bentuk yang semuanya tergantung dari segi apa kita
memandangnya.Berikut adalah diantaranya:
1.
Dari segi penyampaian
pesannya,komunikasi dilakukan secara lisan dan tertulis, atau secara elektronik
radio,televise,telepon, internet dan sebagainya.
2.
Dari segi kemasan pesan,komunikasi dapat
dilakuan secara verbal(dengan berbicara) atau dengan non verbal (diwakili
bahasa isyarat.Komunikasi verbal: diwakili dalam penyebutan kata – kata ,yang
pengungkapan nya dapat dengan lisan atau tertulis.Komunikasi non verbal:
terlihat dalam ekspresi atau mimic wajah ,gerakan tangan,mata dan bagian tubuh
lainnya.
3.
Dari segi keresmian pelaku komunikasi
,saluran komunikasi yang digunakan,dan
bentuk kemasan pesan,komunikasi dapat dikatagorikan sebagai bentuk komunikasi formal dan non formal.
4.
Dari segi pasangan komunikasi
;komunikasi dapat dilihat sebagai:
a.Komunikasi
intrapersonal ialah proses komunikasi dalam diri komunikator:pengirim dan penerima pesanya adalah dirinya
sendiri(manusia sebagai makhluk rohani)
b.Komunikasi
interpersonal ialah interaksi tatap muka antara dua orang atau lebih dimana
pengirim dapat menyampaikan pesan secara langsung,dan penerim pesan dapt
menerima dan menanggapinya secara langsung pula9manusia sebagai makhlu social).
Proses komunikasi
Proses komunikasi
adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya,sehingga
dapat menciptakan suatu makna antara komunikan dengan komunikatornya.Proses
komunikasi ini bertujaun untuk menciptakan komunikasi yang efektif.
Proses komunikasi dapat
terjadi apabila ada interaksi antara manusia da nada penyampaina pesan untuk
mewujudkan motif komunikasi.
Tahap proses komunikas
adalah sebagai berikut:
1.Penginterpretasian
2.Penyadian
3.pengiriman
4.Perjalanan
5.Pengiriman
Komunikasi Efektif
Berkomunikasi efektif
berarti bahwa komunikator dan komunikan sama-sama memiliki pengertian yang sama
tentang suatu pesan.Oleh karna itu dalam bahasa asing orang menyebut ‘the
communication is in tune’,yaitukedua belah pihak yang berkomunikasi sama-sama
mengerti pesan yang disampikan.Menurut Jalaluddin dalam bukunya Psikolog
komunikasi menyebutkan komunikasi yang efektif ditandai dengan adanya
pengertian dapat menimbulkan kesenangan,mempengaruhi sikap,meingkatkan hubungan
social yang baik dan akhirnya menimbulkan suatu tindakan.
Syarat – syarat untuk
berkomunikasi secara efektif adalah antara lain:
Menciptakan suasana yang menguntungkan.
Menggunakan bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti
Pesan yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau
minat di pihak komunikan.
Pesan dapat menggugah kepentingan dipihak komunikan yang
dapat mengguntungkannya.
Pesan
dapat menumbuhkan sesuatu penghargaan atau reward di pihak komunikan.
IMPLIKASI
MANAJERIAL
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia ,kata
Implikasi berarti akibat.Kata Implikasi sendiri dapat merujuk ke beberapa aspek
yaitu salah satunya yang dibahas saat ini adalah manajerial atau manajemen
Dalam manajemen terdapar 2 implikasi yaitu:
1.Implikasi procedural meliputi tata cara
analisis,pilihan representasi,perencanaan kerja dan formulasi kebujukan
2.Implikasi kebijkan meliputi sifat substantive,
perkiraan ke depan dan perumusan tindakan.
Referensi:
Komunikasi organisasi:R.Wayne Pace dan Don F.Faules
Tidak ada komentar:
Posting Komentar